Home Fakta 10 Fakta Komputer Pertama di Dunia: Sejarah Perkembangan dan Cirinya

10 Fakta Komputer Pertama di Dunia: Sejarah Perkembangan dan Cirinya

Sintek Web ID – Setelah artikel sebelumnya mengulas tentang Sejarah Komputer: Perkembengannya dari Masa ke Masa, kali ini Redaksi Sintek akan melanjutkan pembahasan tentang 10 Fakta Komputer Pertama di Dunia. Di dalam tulisan ini, penulis akan memperdalam pembahasan komputer generasi pertama di dunia yang dikembangankan pada tahun 1946-1959 yang telah dibahas pada postingan sebelumnya.

Komputer yang kita gunakan hari ini adalah hasil dari proses panjang perkembangannya dan tidak semerta-merta menjadi seperti sekarang. Dahulu, untuk memiliki sebuah komputer minimal harus memiliki ruangan seluas 500 meter persegi dan beratnya mencapai 30 ton. Wow, begitu besarnya ya gengs!

Teknologi yang pertama kali digagas oleh Charles Babbage, seorang matematikawan dari Inggris itu awalnya adalah mesin penghitung cepat yang dinamakan dengan Differential Engine seperti dikutip dari situs Wikipedia. Setelah itu, pada tahun 1946-1959, perkembangan komputer telah masuk pada era yang disebut dengan tabung vakum.

Nah, sahabat teknokers ingin tahu bagaimana perkembangan generasi pertama komputer di dunia? Yuk, kita langsung cek di tulisan bawah ini.

10 Fakta Komputer Pertama di Dunia: Sejarah Perkembangan dan Cirinya

1. Digagas Seorang Matematikawan

Fakta Komputer Pertama di Dunia
Ilustrasi: Charles Babbage Penggagas Pertama Kali

Dilansir dari situsย Wikipedia, Charles Babbage, seorang matematikawan dari Inggris (1791 โ€“ 1971) ialah orang yang pertama kali menemukan komputer. Temuannya itu membuatnya dikenal sebagai salah satu penemu yang terkenal dalam sejarah. Ia ini adalah seorang yang sudah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia hingga saat ini. Differential Engine adalah penemuan fenomenal yang menjadi cikal bakal lahirnya mesin canggih ini.

Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Kemudian, Babbage mengembangkan cara dengan melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.

2. Berbentuk Tabung Vakum

Tahun 1946 adalah tahun dimana generasi pertama dibuat dengan memakai tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatannya. Tabung vakum ini juga menjadi salah satu komponen dasar pada saat itu.

Dilansir dari moondoggiesmusic.com, komputer generasi pertama ini dibuat oleh John Mauchly dan juga J.Presper Eckert pada University of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC dengan memakai 18.000 dari tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki serat.

3. Program ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

Sejarah lahirnya generasi pertama adalah lahirnya salah satu produk digital elektronik yang dipakai sebagai kebutuhan paling umum saat itu. Sebagai informasi, program ENIAC ini telah dirancang sejak tahun 1942 namun baru dimulai pada tahun 1943 dan pada tahun 1946 rancangan ini sudah selesai.

4. Tidak Efisien

Saat dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik yang sangat besar yaitu 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, dan sangat memakan banyak ruangan 167 meter persegi. Bayangkan sahabat teknokers, apa masih berharap memiliki komputer jika seperti itu? ๐Ÿ™‚

5. Komputer 1 Juta Dollar

Saat Anda mendengar ini pasti cukup terkejut. Di masa itu, dana yang diperlukan untuk bisa membuat perangkat komputer ini tak semurah yang dibayangkan. Anggaran untuk satu unit saja bisa mencapai 1 juta dollar.

Walau demikian, dengan harga selangit sayangnya kemampuan dari mesin penghitung canggih generasi ini memang amat sangat terbatas, sehingga untuk bisa memecahkan suatu masalah yang ada di dalam satu waktu.

6. Pemakaian yang Rumit

Untuk mengoperasikannya, seorang operator wajib memakai kartu berlubang atau punched cards, serta menggunakan pita kertas untuk bisa input dan output yang dihasilkan akan berupa print-out.

Dengan biaya pembuatan yang fantastis, namun fungsi dari komputer generasi pertama ini memang belum maksimal. Mungkin karena masih awal ya gengs jadi masih sangat rumit dan sulit. ๐Ÿ™‚

7. Pengembangan Perangkat Lunak Pertama

Perangkat lunak komputer yang pertama kali dikembangkan yaitu, desain pesawat dan peluru kendali. Salah seorang ilmuwan dan insinyur Jerman, Konrad Zuse, sebagai orang penting dalam pengembangannya.

8. Awal Ditemukannya Diskret

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) adalah salah satu penemuan penting dalam sejarah perkembangannya pada tahun 1945. Von Neuman menemukan sebuah memori untuk menampung program atau pun data. Teknik semacam ini, memungkinkan pembuatan komputer agar berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

9. Lahirnya CPU

Masin Von Neuman, ia kembali melahirkan gagasan yang cemerlang. Arsitektur satu ini membuat unit pemrosesan sentral CPU (Central Processor Unit), yang mampu mengkoordinasikan semua fungsi komputer melalui sumber tunggal.

10. Machine Language

Sejarah komputer generasi pertama memiliki ciri dalam pengoperasian yakni instruksi spesifik untuk satu tugas tertentu. Setiap mesin mempunyai program seperti kode-biner.

Masing-masing berbeda dan disebut dengan Machine Language (Bahasa Mesin). Hal ini menyebabkan program komputer sulit untuk diprogramkan dan membatasi kecepatannya.

Secara umum, Redaksi Sintek merangkum 10 Fakta Komputer Pertama di Dunia dengan beberapa ciri sebagai berikut;

  1. Ukuran fisik hardware komputer sangat besar dan memerlukan ruang yang luas;
  2. Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu;
  3. Programnya hanya bisa berjalan dengan menggunakan bahasa mesin;
  4. Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data;
  5. Menggunakan Magnetic Disk;
  6. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar;
  7. Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin;
  8. Daya simpannya kecil;
  9. Prosesnya kurang cepat dan rumit;
  10. Menggunakan konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage;
  11. Penggunaan tabung hampa membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.

Demikian, 10 Fakta Komputer Pertama di Dunia yang kali ini membahas tentang sejarah perkembangan dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia teknologi ya gengs. Jangan lupa share jika bermanfaat. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone

Sintek Web ID - Di era digital, konten visual seperti foto, saat ini terus menjadi elemen berarti untuk generasi milenial yang mau...
Fakta Teknologi 5G

5 Fakta Teknologi 5G: Cepat dan Bahaya, Benarkah?

Sintek Web ID - Perkembangan teknologi hari ini berkembang begitu pesat. Fakta teknologi 5G hari ini mulai muncul ke permukaan dan kabarnya...
HP Terbaik 2019 Murah

Harga 2 Jutaan, Ini Rekomendasi 5 HP Terbaik 2019 Murah

Sintek Web ID - Persaingan vendor-vendor smartphone/HP semakin ketat. Mereka secara agresif merilis smartphone barunya di Indonesia. Dengan menawarkan banyak fitur dan...
Kisah Inspiratif CEO Google

5 Kisah Inspiratif CEO Google: Sundar Pichai

Sintek Web ID - Tahukah Anda siapa CEO atau Bos Google saat ini? Tentunya bukan lagi Larry Page, seorang yang mendirikannya tetapi...
Best Video Editing Software untuk Pemula

Top 5 Best Video Editing Software untuk Pemula

Sintek Web ID - Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan dunia teknologi demikian pesatnya. Di tambah lagi dengan perkembangan media...

SINAU TEKNOLOGI