Home Tokoh 5 Kisah Inspiratif CEO Google: Sundar Pichai

5 Kisah Inspiratif CEO Google: Sundar Pichai

Sintek Web ID – Tahukah Anda siapa CEO atau Bos Google saat ini? Tentunya bukan lagi Larry Page, seorang yang mendirikannya tetapi telah digantikan oleh Sundar Pichai. Menjadi CEO Google, pria berkebangsaan India tersebut mencapainya dengan prestasi dan karyanya yang berpengaruh bagi Google Inc.

Lalu, bagaimana cerita ia bisa menjadi CEO? Apa alasannya? Apa prestasi yang telah dicapai? Untuk menjawab hal tersebut, Redaksi Sintek telah merangkum khusus kisah inspiratif CEO Google pada artikel di bawah ini. Simak penjelasannya sampai akhir ya gengs.

Biografi Singkat Sundar Pichai

Dilansir dari situs Wikipedia.org, Pichai Sundarajan atau dikenal luas dengan Sundar Pichai adalah seorang Chief Executive Officer Goolge kelahiran India 12 Juli 1972. Pichai bergabung dengan Google pada 2004. Saat itu ia menjabat sebagai pimpinan manajemen produk dan inovasi perangkat lunak klien Google.

Sebelum ini mungkin tak banyak yang mengenal sosoknya sebelum ia menjabat sebagai “Rajanya” Google. Terlahir dari keluarga insinyur, Pichai menjadi seorang yang sederhana dan kutu buku sejak kecil. Hal itu terbukti dengan prestasi-prestasi yang diperolehnya saat dibangku pendidikan.

Di pendidikan tinggi, Sundar Pichai memperoleh Institute Silver Medal dari Indian Institute of Technology di Kharagpur, salah satu kampus paling bergengsi di India. Dia lalu mendapatkan beasiswa untuk belajar ilmu material dan semi-konduktor fisika di Stanford University.

5 Kisah Inspiratif CEO Google: Sundar Pichai

Kisah Inspiratif CEO Google
Pertemuan: Sundar Pichai bersama Presiden RI Joko Widodo

1. Masa Kecil Sederhana

Kesuksesannya memimpin salah satu perusahaan terbesar saat ini, kehidupan CEO dari India semasa kecilnya jauh dari kata mewah. Untuk urusan tidur saja harus berbagi tempat dengan adiknya. Kemudian, jangan berharap menemukan sebuah televisi karena keluarganya saja baru memiliki sebuah telepon saat Pichai berusia 12 tahun.

Menurut Boombastis.com, sang ayah bekerja sebagai insinyur dan pendapatannya 3000 rupee, sekitar 600 ribu rupiah saat itu. Regunatha, ayah Pichai ninilah orang pertama yang membuat Pichai tertarik pada dunia teknologi.

2. Berani Berpendapat

Walau banyak dituliskan bahwa ia adalah sosok yang pemalu, Pichai adalah seorang yang berani dalam mengeluarkan pendapatnya. Kumar Sankaralingam, seorang tetangga Pichai yang dikutip oleh Daily Mail, mengatakan bahwa dia adalah orang yang luar biasa. “Dia sangat pemalu, tapi selalu berani berpendapat. Dia punya opini sendiri terhadap segala hal”, jelasnya.

3. Seorang Kutu Buku

Sundar Pichai semasa kecilnya dikenal sebagai seorang kutu buku. Ia suka menghabiskan waktunya dan menenggelamkan dirinya pada buku-buku. Berada di keluarga sederhana dengan rumah dua kamar tak menyurutkan keteguhan Pichai untuk belajar.

4. Mengawali Karier sebagai Karyawan Selama 10 Tahun

Pencapaiannya menjadi orang nomor satu di Google tak dicapai dengan instan. Kisah inspiratif CEO Google ini dapat dijadikan motivasi bagi kita bahwa untuk mencapai kesuksesan akan melalui berbagai proses hingga mendapat hasil yang diharapkan.

Sundar Pichai mengawali karirnya di Google dengan menjadi karyawan junior sampai 10 tahun lamanya sebelum kemudian ia menjadi CEO disana. Tahukah gengs, lahirnya aplikasi seperti Google Chrome berasal darinya. Di awal karirnya pada tahun 2004, ia diberikan tanggung jawab buat mengembangkan beberapa produk , seperti Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Ia juga dipercaya buat mengembangkan Gmail dan Google Maps.

5. Gemar Berdiskusi

Kebiasaan unik yang dimiliki Sundar Pichai semasa kuliah adalah berdiskusi, Ia sangat gemar berdiskusi dengan teman-temannya. Dilansir dari Dicto.id, Ia mendiskusikan hal apapun mulai dari masalah yang ditemui sehari-hari hingga bagaimana cara memecahkan masalah tersebut.

Kebiasaan itu mampu mengantarkannya menjadi seorang yang sukses. Pichai menerapkan konsep berdiskusi dengan karyawannya sehingga lebih mudah untuk me reach-out ide dan pemecahan dari masalah yang ditemui di perusahaan.

Demikian 5 kisah inspiratif CEO Google yang berhasil dirangkum oleh Redaksi Sintek. Dari beberapa poin di atas dapat dijadikan motivasi bagi para pembaca terutama generasi muda untuk tidak takut dan berhenti bermimpi. Tentunya, mimpi saja tidak cukup jika tidak diimbangi dengan usaha dan kerja keras. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya gengs. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Smartphone

Sintek Web ID - Di era digital, konten visual seperti foto, saat ini terus menjadi elemen berarti untuk generasi milenial yang mau...
Fakta Teknologi 5G

5 Fakta Teknologi 5G: Cepat dan Bahaya, Benarkah?

Sintek Web ID - Perkembangan teknologi hari ini berkembang begitu pesat. Fakta teknologi 5G hari ini mulai muncul ke permukaan dan kabarnya...
HP Terbaik 2019 Murah

Harga 2 Jutaan, Ini Rekomendasi 5 HP Terbaik 2019 Murah

Sintek Web ID - Persaingan vendor-vendor smartphone/HP semakin ketat. Mereka secara agresif merilis smartphone barunya di Indonesia. Dengan menawarkan banyak fitur dan...
Kisah Inspiratif CEO Google

5 Kisah Inspiratif CEO Google: Sundar Pichai

Sintek Web ID - Tahukah Anda siapa CEO atau Bos Google saat ini? Tentunya bukan lagi Larry Page, seorang yang mendirikannya tetapi...
Best Video Editing Software untuk Pemula

Top 5 Best Video Editing Software untuk Pemula

Sintek Web ID - Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini perkembangan dunia teknologi demikian pesatnya. Di tambah lagi dengan perkembangan media...

SINAU TEKNOLOGI